PROMO
Home » News » Teknologi mesin yamaha soul Gt

Teknologi mesin yamaha soul Gt

Bro dan sis sekalian…sebuah kesempatan emas bisa bertatap muka dengan pejabat YIMM. Para Blogger bertemu dengan petinggi Yamaha di Excelsior Coffe menjadi ajang share knowledge khususnya Soul GT. Produk yang dinobatkan sebagai pengganti Mio Soul ternyata menyimpan segudang fitur dan teknologi yang tidak ditemui pada produk sebelumnya. Seperti apa??….

Presentasi dibawakan secara langsung oleh pak Abidin (GM Service Divisiom YIMM). Seperti yang pernah kita bahas sebelumya…revolusi yang dilakukan oleh YIMM mencakup dua hal yakni desain dan teknologi. Desain?? sampeyan wis ngerti dewelah, monggo diintip aja gambar-gambarnya :mrgreen: . Teknologi?? nah ini yang perlu kita kupas. Teknologi yang tidak terdapat pada generasi sebelumnya adalah diasil silinder & forged piston serta YMJet FI….

Kelebihan forged piston selain kuat dan ringan….material ini bersifat elastis seperti silikon sehingga pada saat mesin panas, clearance tetap terjaga dengan baik. Begitu pula ketika dingin…kerenggangan piston pada dinding silinder akan menyesuikan. Keunikan ini tidak ditemui pada piston dan silinder reguler yang cenderung rapat ketika mesin dingin serta renggang pada saat mesin memuai akibat panas. Makanya jangan heran forged piston dan diasil silinder mendapatkan garansi pabrikan hingga 5 tahun. Sebuah bukti rasa percaya diri tak terbantahkan. Terus gimana dengan YMJet FI??..

YMJet FI…..fuel injection tercanggih dari Yamaha mampu memecah partikel lebih kecil lagi untuk melakukan pembakaran. Jika semprotan injeksi lain seperti “hujan” maka YMJet FI cukup menggunakan “kabut”. Keuntungannya….pada saat eco riding (kisaran 0-60km/jam) asupan bahan bakar bisa ditekan hingga 30% lebih irit. Pada dasarnya perbedaan YMJet FI dibanding kompetitor adalah Air Passage serta 2 throttle valve. Dua mekanisme itulah yang membuat YMJet FI menjadi istimewa. Misi milleage tidak akan maksimal tanpa dukungan komponen lain. YMJet FI hanya satu teknologi penting diluar…

1. Advanced low friction technology :

Gabungan low resistance muffler, low loss bearing crankshaft, new CVT System, light weight crankcase, roller rocker arm, low loss bearing camshaft, low friction piston ring, low loss AC/DC generator, dan low loss turbo fan. Semuanya dilebur secara kompak untuk mendapatkan performa dan keiritan maksimal.

2. Diasil Silinder dan Forged piston

Berbahan dasar aluminium mampu melepas panas dengan cepat serta bobot lebih ringan. Tujuannya untuk mengurangi lost power dengan cara menjaga piston clearance serta kompresi secara stabil plus perputaran engine menjadi makin enteng…

3. Small & Brush fuel pump

Berukuran lebih mini dan kompak. Kelebihannya….membutuhkan daya listrik rendah sehingga menjaga performa aki serta keiritan.

Apakah hanya itu?? tidak brosis. Yamaha merombak ulang panjang pipa udara serta ukuran gearbox dengan ukuran yang lebih besar. Accelerasi makin maksimal ketika belt yang dibenamkan pada Soul GT direvisi ulang lebih pendek 15mm. Dalam presentasi santai tersebut…terungkap bahwa injeksi generasi matic Yamaha telah mengadopsi air pressure sensor, air temperatur sensor, throttle position sensor serta O2 sensor. Dua hal pertama sangat berguna ketika kendaraan dipakai pada ketinggian diatas 1000m dari permukaan laut. Sebab ECU secara cerdas akan mendeteksi akan adanya perubahan tekanan dan suhu udara. ” Hati-hati sebab produk kalau hanya sekedar FI tapi tidak dilengkapi keduanya bisa trouble lho..” canda pak Abidin tersenyum. Walah…maksudnya produk yang mana nih??

p1190132 p1190127

p1190136

p1190142

Leave a Reply

Your email address will not be published.